Penjelasan Istilah dan Cara Membaca Hasil USG dari Dokter Kandungan

Walimah.Info – Dalam masa kehamilan, hampir semua ibu hamil mengetahui istilah USG, tetapi tahukah apa itu USG? Lalu cara membaca hasil USG bagaimana yaa?

Ultrasonografi atau yang biasa dikenal dengan sebutan USG, umumnya adalah teknik pencitraan medis yang digunakan untuk menggambarkan struktur, ukuran dan hampir setiap detail patologis dari otot, tendon, dan organ-organ internal lainnya. Dan seringkali juga digunakan untuk memvisualisasikan janin dalam kandungan.

Dalam penggunaannya untuk memvisualisasikan janin dalam kandungan, seringkali ibu hamil sangat menanti-nanti proses USG berikut. Selain dapat ‘mengintip’ wajah si kecil, ibu hamil juga dapat mengetahui kondisi dan jenis kelamin janin. Apalagi janin yang ada berasal dari perhitungan masa subur yang tepat.

Tetapi karena kebanyakan ibu hamil merasa takjub dengan pemandangan di layar USG, seringkali ibu hamil dan pasangan lupa menanyakan detail nya. Dan timbulah pertanyaan tentang istilah-istilah dalam cetakan USG nya. Cara membaca hasil USG yaitu,

cara membaca hasil usg rahim

Cara membaca hasil USG rahim

Beberapa singkatan yang terdapat pada hasil USG :

1. LMP (last menstrual period): hari pertama haid terakhir.
2. EDD (Estimated Delivery Date): perkiraan persalinan berdasarkan tanggal menstruasi.
3. GA (Gestational Age): perkiraan umur kehamilan, pengukurannya berdasarkan pada panjang tungkai lengan, ataupun diameter kepala.
4. BPD (Biparietal diameter): ukuran tulang pelipis kiri dan kanan. Digunakan untuk mengukur janin di trimester dua atau tiga.
5. HC (Head Circumferencial): lingkaran kepala. Digunakan untuk mengukur usia kehamilan di trimester dua atau tiga.
6. AC (Abdominal Circumferencial): ukuran lingkaran perut bayi. Biasanya pengukurannya disatukan dengan pengukuran BPD dan akan menghasilkan perkiraan berat bayi. Digunakan untuk mengukur kehamilan di trimester dua atau tiga.
7. FL (Femur Length): ukuran panjang tulang paha bayi. Digunakan untuk mengukur kehamilan di trimester dua atau tiga.
8. FW (Fetal Weight): berat janin.
9. EFW (Estimation Fetal Weight): perkiraan berat bayi.
10. FTA (Fetal Trunk Abdominal): merupakan panjang badan.
11. GS (Gestasional Sac): merupakan ukuran kantong kehamilan berupa bulatan hitam. Digunakan untuk mengukur kehamilan di trimester pertama.
12. CRL (Crown Rump Length): ukuran jarak dari puncak kepala ke ‘ekor’ bayi. Digunakan untuk mengukur usia kehamilan trimester pertama.
13. F-HR (Fetal Heart Rate): frekuensi jantung bayi.

Semoga paparan Penjelasan Istilah dan Cara Membaca Hasil USG dari Dokter di atas bisa bermanfaat bagi temen temen sekalian. Kalau kesulitan bisa datang lagi saja ke konsultan kesehatan kebidanan anda.

Discussion

  1. mury ririanty
    • Abu Hafshah
  2. yulihasliana
  3. Anonymous
  4. Riny chatrine
  5. maryani ritonga
  6. Wiwit
  7. Anonymous
  8. Anonymous
  9. Yovita Wily
  10. Ellusi

Inpirasi Apa yang Kau dapat Kak? Ada Pertanyaan?

%d bloggers like this: