Contoh Sederhana Menjaga Hati dalam Islam Kepada Anak

Walimah.Info – Hati yaitu sesuatu yang menjadi pusat rasa. Rasa perasaan yang dimiliki manusia. Contoh Sederhana Menjaga Hati dalam Islam Kepada Anak ini patut dijadikan contoh yaa. Cara menjaga hati agar tetap bersih dan bisa melaksanakan perintah Allah.

Contoh Menjaga Hati dalam Islam

Ibu Guru menyuruh anak tiap-tiap muridnya membawa kantong plastik ransparan 1 buah dan kentang. Masing-masing kentang tersebut di beri nama ber dasarkan nama orang yang dibenci, sehingga jumlah kentangnya tidak ditentukan berapa … tergantung jumlah orang-orang yang dibenci.

menjaga hati dalam islam

Menjaga hati dalam Islam

Pada hari yang disepakati masing-masing murid membawa kentang dalam kantong plastik. Ada yang berjumlah 2, ada yang 3 bahkan ada yang 5. Seperti perintah guru mereka tiap-tiap kentang di beri nama sesuai nama orang yang dibenci.

Murid-murid harus membawa kantong plastik berisi kentang tersebut kemana saja mereka pergi, bahkan ke toilet sekalipun, selama 1 minggu.

Hari berganti hari, kentang-kentang pun mulai membusuk, murid-murid mulai mengeluh, apalagi yang membawa 5 buah kentang, selain berat baunya juga tidak sedap.

Setelah 1 minggu murid-murid TK tersebut merasa lega karena penderitaan mereka akan segera berakhir.

Ibu Guru : ” Bagaimana rasanya membawa kentang selama 1 minggu ?”

Keluarlah keluhan dari murid-murid TK tersebut, pada umumnya mereka tidak merasa nyaman harus membawa kentang-kentang busuk tersebut ke mana pun mereka pergi.

Guru pun menjelaskan apa arti dari ” permainan ” yang mereka lakukan.

Ibu Guru : ” Seperti itulah kebencian yang selalu kita bawa-bawa apabila kita tidak bisa memaafkan orang lain. Sungguh sangat tidak menyenangkan membawa kentang busuk kemana pun kita pergi. Itu hanya 1 minggu bagaimana jika kita membawa kebencian itu seumur hidup ? Alangkah tidak nyamannya …

Nahh jadi mengajarkan menjaga hati dalam Islam kepada anak anak pada intinya yaitu memberikan contoh secara langsung. Kisah Nyata Cara Mendidik Anak Secara Islami Perlu Diberi Contoh ini bisa buat kita berkaca.

Anak tidak bisa hanya diberi kata kata saja agar dia memahami tentang cara menjaga hati menurut Islam. Tapi juga tindakan perlu untuk dilakukan.

Anak akan bosan ketika hanya mendengar penjelasan tanpa disertai teladan yang bisa dia tiru. Teladan yang paling baik yaitu orang tua. Kenapa? Karena setiap hari anak bersama dengan orang tua.

Inpirasi Apa yang Kau dapat Kak? Ada Pertanyaan?