3 Makna Taat. Pengertian Taat dalam Islam Bukan Sekedar di Mulut Saja

Walimah.InfoPengertian taat dalam Islam tidak hanya diucapkan agar didengar banyak orang, tapi taat lebih dari itu semua. Pengertian taat pada aturan yang telah ditetapkan seperti taat dengan perintah Alquran dan sunnah Rosul.

Pengertian Taat dalam Islam

Taat artinya patuh, patuh dengan segala ketentuan yang telah mengikat dirinya yaitu melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Ketaatan seseorang tergantung dari besar iman yang ada di hatinya.

Hai orang-orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (Sunahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya “. (Surah An-Nisa’: 59)

pengertian taat dalam islam

Pengertian taat dalam Islam

Nabi Nuh AS tidak pernah tahu akan terjadi banjir besar ketika Allah SWT perintah dia membuat perahu..

Nabi Musa AS tidak pernah tahu laut akan terbelah ketika dia diperintah oleh Allah SWT pukulkan tongkatnya ke laut…

Nabi Ibrahim AS juga tidak pernah tahu jika Allah SWT akan datangkan kambing sebagai gantinya ketika pisau sudah berada di kulit leher Isma’il AS….

Yang mereka tahu bahwa mereka harus taat kepada perintahNYA…

Kita sudah tahu bahwa Allah SWT akan balas segala ketaatan kita kelak dengan kenikmatan…

tapi sayangnya tidak semua kita yakin tentang itu…

Ketaatan kepada suami yang ternyata banyak berkah di dalamnya  juga termasuk taat dalam agama, karena suami adalah imam di rumah tangga.

Taat kepada Allah memiliki 3 makna, yaitu:

1. Taat Berarti Patuh

Taat yang berarti patuh dapat diartikan sebagai melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah. Perintah Allah apa saja? Seperti melaksanakan sholat, melakukan puasa, memenuhi zakat, dan lain sebagainya.

Larangan Allah apa saja? sperti berzina, berjudi, berbohong, membicarakan aib orang, memfitnah dan masih banyak lagi.

2. Taat Berarti Penurut

Taat berarti penurut adalah menuruti segala perintah Allah dengan bersumber pada ajaran Islam. Sebagai contoh ketika melaksanakan sholat berarti melaksanakannya dengan aturan aturan yang berlaku ketika sholat, seperti menutup aurat, melaksanakan rukun sholat dengan tertib dan lainnya.

3. Taat Berarti Tunduk

Tunduk terhadap qada dan qadar yang datangnya dari Allah. tunduk pada Allah menetapkan manusia hanya boleh beribadat kepada Allah.

Inpirasi Apa yang Kau dapat Kak? Ada Pertanyaan?