Bagaimana sih Metode Pendidikan Anak dalam Islam? Ini 5 Jawabannya

Walimah.InfoMetode Pendidikan Anak dalam Islam. Bagaimana sihh konsep pendidikan Islam yang sebenarnya? Apakah harus dengan kekerasan? Pendidikan anak dalam keluarga apakah juga sudah ada ketentuannya?

Bagaimana sih Konsep Pendidikan Anak dalam Islam dikupas tuntas oleh Ustadz Yahya Badrusalam. Beliau mengambil banyak pelajaran yang disampaikan oleh Allah dan RasulNya di Al Qur’an serta As Sunnah.

Metode Pendidikan Anak dalam Islam

Sebuah permenungan yang sebaiknya seluruh umat muslim mendengarkan serta menjadikan evaluasi mendalam. Sebab, ternyata banyak sekali kesalahan yang sudah terjadi.

metode pendidikan anak dalam islam

Metode pendidikan anak dalam Islam

 Beliau kutipkan salah satunya nasehat / pendidikan anak dari Luqman Al Hakim, dalam al Qur’an:

1. Jangan Mempersekutukan Allah

Dan ingatlah ketika Lukman berkata kepada anaknya (Tsaran) dan ia menasehatinya: “Hai anaku janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan Allah adalah benar-benar kezaliman yang besar,” (Qs Lukman (31) : 13)

2. Semua Ada Balasannya

Hai anaku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi dan berada dalam batu atau di langit atau berada di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membawanya) sesengguhnya Allah maha halus lagi maha mengetahui.” (qs Lukman (31) : 16)

3. Jangan Melupakan Sholat

Hai anaku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) me-ngerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (Allah).” (Qs Lukman : 17)

4. Jangan Bertingkah Sombong

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri ( Qs Lukman : 18)

5. Milikilah Hati yang Lembut

Dan sederhanakanlah kamu dalam berjalan dan rendahkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruknya suara ialah suara keledai. (Qs Lukman : 19)

Detailnya mari kita saksikan saja ya:

Nahh itu tadi metode pendidikan anak dalam Islam jangan lupakan konsep pendidikan Islam dalam kehidupan sehari hari ya. Pendidikan anak dalam keluarga memang nomor satu sebelum anak bersosialisasi dengan lingkungan.

Mendidik anak memang sebuah seni yaa, Tapi harus selalu diingat yaa tentang contoh nyata mendidik anak tanpa kekerasan dan siksaan. Karena anak akan menjadi keras hati jika dididik dengan kekerasan.

Luar biasa bukan materi konsep pendidikan sepanjang hayat dalam islam yang sudah disampaikan. Sharekan kepada temen lain supaya bisa ikut mengambil inspirasi dari video pengajian konsep pendidikan islam di atas. Semoga jadi amal jariyah buat anda.

Inpirasi Apa yang Kau dapat Kak? Ada Pertanyaan?