6 Bukti Cinta Kepada Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam

Walimah.Info – Bagaimana seseorang bisa menunjukan bukti cinta kepada Rasulullah?? Apakah cinta kepada Rasulullah bisa diukur? Lalu bagaimana cara mencintai nabi Muhammad SAW yang benar? Pertanyaan yang akan terus ada, dari pada bingung ini dia jawabannya.

Bukti Cinta Kepada Rasulullah

Al-Qadhi Iyadh – seorang ulama syafiiyah – mengatakan,

فالصادق في حب النبي صلى الله عليه وسلم من تظهر علامة ذلك عليه وأولها: الاقتداء به واستعمال سنته واتباع أقواله وأفعاله وامتثال أوامره واجتناب نواهيه والتأدب بآدابه في عسره ويسره ومنشطه ومكرهه وشاهد

Orang yang jujur dalam mencintai Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah

bukti cinta kepada rasulullah

Bukti cinta kepada Rasulullah

1. Orang yang menampakkan ciri mengikuti jejak beliau,

Mengikuti semua perintahnya dan menunjukan cinta dengan sunnahnya bisa menjadi bukti cinta kepada Rasulullah

2. Terutama adalah dengan meneladani beliau,

Meneladani berarti membuat Rasulullah menjadi contoh dalam setiap tindakan yang akan dilakukan. Cinta kepada Rasulullah dan cinta dengan apa apa yang dilakukan yang didasari karena perintah Allah dan Rasul-Nya.

3. Mengamalkan sunahnya,

Sunnah Rasulullah sangatlah banyak, mulai dari bangun tidur sampai dengan tidur lagi adalah kumpulan dari segala sunnahnya. Mengikuti sunnah Rasulullah berarti menjadi bukti cinta kepada Rasulullah.

4. Mengikuti semua ucapan dan perbuatannya,

Mengikuti segala yang beliau lakukan tanpa pilih pilih, seperti melakukan jihad yang merupakan ibadah yang berat tapi tetap mau melaksanakannya dan ikhlas sepenuh hati. Cara mencintai Nabi Muhammad SAW dengan mengikuti perintahnya tanpa harus mencari cari celah untuk meninggalkan perintah tersebut.

5. Melaksanakan segala perintah dan menjauhi larangannya,

Seperti halnya dengan mengikuti sunnahnya dan mengikuti semua ucapannya, melaksanakan perintah Rasulullah berarti telah melaksanakan perintah Allah juga. Menjauhi larangannya karena ada rasa dalam diri cinta kepada Rasulullah.

6. Serta menghiasi diri dengan adab-adab yang beliau contohkan, baik dalam keadaan susah maupun senang dan keadaan lapang maupun sempit.

Membiasakan diri untuk bersikap sesuai dengan adab adab yang telah diajarkan Rasulullah tanpa melebih lebihkan ataupun mengurangi sedikit saja. (asy-Syifa Bita’riifi Huquuqil Mushthafa, 2/24).

Enam Bukti Cinta Rasulullah Shalallahu ‘alahi wasalam merupakan nasehat yang ringkas namun luar biasa mendalam maknanya.

Jadi jangan percaya sama mereka yang suka ngaku – ngaku mencintai rasul, namun amalan perilakunya jauh dari sunnah rasulullah.

Ada malah mereka berlebih lebihan dalam ‘mengungkapkan cinta’ dengan menjalankan banyak amalan bid’ah yang dibenci Rasulullah Shalallahu’alaihi wa salam.

Inpirasi Apa yang Kau dapat Kak? Ada Pertanyaan?