berhubungan intim

Hukum Setelah Berhubungan Intim Langsung Tidur / Tidak Mandi / Wudhu Dulu

Walimah.Info – Islam adalah agama yang memberikan tuntunan yang jelas dalam berbagai fase kehidupan, salah satunya adalah pada bagian melakukan berhubungan intim suami istri.

Fenomenanya ada yang berhubungan intim di malam hari dengan pasangannya sehingga ia pun junub, lalu tidur malam tanpa mandi wajib terlebih dahulu. Apakah seperti ini dibolehkan? Bolehkah seseorang tidur dalam keadaan junub tanpa mandi atau wudhu terlebih dahulu? Berikut ulasannya.

Ada hadits yang menyebutkan sebagai berikut,
عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – أَيَرْقُدُ أَحَدُنَا وَهْوَ جُنُبٌ قَالَ « نَعَمْ إِذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرْقُدْ وَهُوَ جُنُبٌ »

Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata bahwa ‘Umar bin Al Khottob pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Apakah salah seorang di antara kami boleh tidur sedangan ia dalam keadaan junub?” Beliau menjawab, “Iya, jika salah seorang di antara kalian junub, hendaklah ia berwudhu lalu tidur.” (HR. Bukhari no. 287 dan Muslim no. 306).

berhubungan intim
Hukum Setelah Berhubungan Intim Langsung Tidur

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,
كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ وَهْوَ جُنُبٌ ، غَسَلَ فَرْجَهُ ، وَتَوَضَّأَ لِلصَّلاَةِ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa jika dalam keadaan junub dan hendak tidur, beliau mencuci kemaluannya lalu berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat.” (HR. Bukhari no. 288).

‘Aisyah pernah ditanya oleh ‘Abdullah bin Abu Qois mengenai keadaan Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam,
كَيْفَ كَانَ يَصْنَعُ فِى الْجَنَابَةِ أَكَانَ يَغْتَسِلُ قَبْلَ أَنْ يَنَامَ أَمْ يَنَامُ قَبْلَ أَنْ يَغْتَسِلَ قَالَتْ كُلُّ ذَلِكَ قَدْ كَانَ يَفْعَلُ رُبَّمَا اغْتَسَلَ فَنَامَ وَرُبَّمَا تَوَضَّأَ فَنَامَ. قُلْتُ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى جَعَلَ فِى الأَمْرِ سَعَةً.

“Bagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika dalam keadaan junub? Apakah beliau mandi sebelum tidur ataukah tidur sebelum mandi?” ‘Aisyah menjawab, “Semua itu pernah dilakukan oleh beliau. Kadang beliau mandi, lalu tidur. Kadang pula beliau wudhu, barulah tidur.” ‘Abdullah bin Abu Qois berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan segala urusan begitu lapang.” (HR. Muslim no. 307).

Singkatnya, keadaan orang yang junub sebelum tidur:
1- Junub lalu mandi sebelum tidur, ini lebih sempurna.
2- Junub dan wudhu terlebih dahulu sebelum tidur, ini yang disunnahkan untuk memperingan junub.
3- Junub dan tanpa wudhu, lalu tidur. Seperti ini masih dibolehkan.

Wah sudah jelaskan sekarang bagaimana batasan serta panduan yang lebih baik. Semoga bisa menjadi ilmu serta memberikan manfaat buat kita bersama. Artikel Hukum Setelah Berhubungan Intim Langsung Tidur / Tidak Mandi / Wudhu Dulu dari Rumayso. com

Comments

52 responses to “Hukum Setelah Berhubungan Intim Langsung Tidur / Tidak Mandi / Wudhu Dulu”

  1. watiyah Avatar
    watiyah

    Apa hukumnya suami istri tidak melakukan hubungan intim karena suatu hal dan sudah menjadi kesepakatan bersama

    1. Suami Tersayang Avatar
      Suami Tersayang

      insha Allah tidak mengapa. misal karena sakit, atau lainnya.

  2.  Avatar
    Anonymous

    asalamu alaikum..
    saya ibu rmah tngga umur ku 20 udah mnikah slama satu taun.. aku mau tnyya pak ustad apa hukum nyah bila sehbis junub belom mndi tapi udah makan dan minum apa yah hukum nyah..
    sukron,,
    wasalamu alaikum

    1. Suami Tersayang Avatar
      Suami Tersayang

      walaikumsalam :). Hukumnya boleh boleh saja. karena makan dan minum tidak terikat aturan harus bersuci dulu seperti halnya mau melakukan shalat. 🙂 Wallahu a’lam.

  3. Pasutri Avatar
    Pasutri

    Bagaimana hukumnya apabila sesudah junub, beberapa jam kemudian keluar lg cairan sperma dari si istri. Apa kan Harus junub lg…?

  4. pai aidzin Avatar
    pai aidzin

    Pak ustad mau nanya kalo kita sudah bertunangan dan akan segera menikah tapi blum tiba waktunya menikah, kita sudah berhubungan intim ,, tp di brapa bulan kemudian dia kita menikah sah, gimana pak ustad hukum yang seperti itu

    1. Abu Hafshah Avatar
      Abu Hafshah

      hubungan intim yang halal dan dibolehkan oleh islam ialah hanya setelah akad nikah yang sah. hanya itu jalurnya :).
      harap banyak istighfar dan mohon kepada Allah agar dijauhkan dari keinginan maksiat diluar koridor yang sudah Allah berikan jalan terbaiknya.
      sabar ya, bentar lagi juga udah halal mau main tiap hari, tiap jam, tiap detik 🙂

  5. diana Avatar
    diana

    asalamualaikum ,,,
    begini saya mau tanya ,,
    suami saya jarang mandi setelah kita berhubungan , paling gak siang atau sore baru mandi ,, apa kah boleh .?

    1. Abu Hafshah Avatar
      Abu Hafshah

      walaikumsalam. sebaiknya sih segera mandi. tetapi kalau misal menunda mandi dan itu tidak menjadikan dia lalai dalam melakukan amal ibadah (kan misal junub nggak boleh shalat), itu bukanlah tindakan yang terlarang.

  6. ipank Avatar

    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ ustad, oya bnr kah hukum Ώyå untuk makan atau minum setelah berhubungan intim atau masih junub? Mohon jawaban dan keteranganya. Sukron ustad

  7. rasman Avatar
    rasman

    Nanya batas waktu habis berhubungan di bln puasa

    1. Istri Shalihah Avatar

      halo kak rasman, batasnya ialah munculnya fajar. sesuai dengan waktu mulainya seseorang berpuasa. paling simpelnya mulai adzan subuh. kalau sudah adzan subuh sudah wajib stop berhubungan makan dan minum.

  8. Sitimalikhah Avatar
    Sitimalikhah

    Pa ustad sayanmo nanya. Bagaimana hukumy jika sehabis haod trus berhubungan badan tpi kenapa setiap berhubungan badan darahny keluar lg. Apa kah haram hukumny paustad

  9. abdul hamid Avatar
    abdul hamid

    asalamualaikum, bagaimana cara mandinya bila sesudah bersenggama dengan suami lalu ketiduran, ketika bangun tidur, haid datang, bagaimana cara mandinya..?

  10. iyya Avatar
    iyya

    pak suami saja jarang mandi wajib ketika selesai berhubungan tp dia tetap melaksanakan sholat 5 waktu,apa hukumx ???

    1. Istri Shalihah Avatar

      Hukum shalatnya tidak sah.

      Sedang kalau dia sadar dan tahu hukumnya kalau orang berhadast dilarang shalat, maka dia berdosa.

      Imam An-Nawawi dalam Al-Majmu’ (kitab Madzhab Syafi’i) mengatakan, “Kaum muslimin sepakat, haramnya shalat bagi orang yang berhadas. Mereka juga sepakat bahwa shalatnya tidak sah, baik dia sadar bahwa dia hadas atau tidak sadar, atau lupa bahwa dia sedang berhadas. Hanya saja, orang yang shalat sementara dia tidak sadar atau lupa bahwa dia sedang hadas maka dia tidak berdosa. Namun jika ada orang yang shalat, sementara dia sadar bahwa dirinya sedang hadas dan dia tahu bahwa shalat dalam keadaan hadas hukumnya haram, maka orang ini telah melakukan perbuatan dosa besar.” (Al-Majmu’ Syarh Muhadzab, 2: 67).

  11. nasya Avatar
    nasya

    Pak ustad,apabila dibln puasa mlmnya suami istri berhub intim,trus ketiduran sampai lewat waktusubuh dan blmmandi junub,apakah puasanya batal?

    1. Istri Shalihah Avatar

      junub tidak membatalkan puasa. setelah bangun, mandi wajib, shalat subuh, lanjutkan puasa seperti biasa.
      hukum syarat dan rukun puasa beda dengan shalat :). Kalau shalat harus bersih dari hadast dulu, maka kalau dia shalat sedang dalam kondisi junub dia berdosa, shalatnya nggak sah.

  12. Fajar sidik Avatar

    mandi junub gimana caranya ? pak ustad

    1. Abu Hafshah Avatar
      Abu Hafshah

      silakan di search, sudah ada artikel di walimah.info yang menjelaskannya 🙂

  13. fatmawati Avatar

    Pak ustad sy mau tx apakah berdosa klu sdh berhubungan tapi belum mandi wajib terus keluar rumah?…
    Maksh sebelumnya…

  14. sukron Avatar
    sukron

    Pak ustad.saya seorang istri kmaren saya haid dan udah bersih2 mlm nya saya berhubungan intim karna saya pikir tdk ada darah yg keluar lg,tp pas siang nya keluar darah lg,hujum nya gmana ya pak?

    1. Istri Shalihah Avatar

      sudah dibahas di komen komen sebelumnya nampaknya 🙂

  15. pelangi tanpa warna Avatar
    pelangi tanpa warna

    asalam pak ustad
    sy mw tya .. hukumnya bagemana jika seorang istri telah selese haid belum suci tapi sudah melakukan hub intim
    mohon jawabannya

    syukron

  16. lumut Avatar
    lumut

    Pak ustad saya mau nanya klu kita sudah nikah, berhubungan intim sama istre ,tp kita memaksa istre ingin berhubungn intim dgn memaksa,ap hukum nya…

  17. irwan Avatar
    irwan

    apa hukumnya sudah mengerjakan sholat subuh ketika habis berhubungan suami istri tapi tidak mandi junub dan hanya mengerjakan wudhu saja

  18. awamm Avatar
    awamm

    Pak ustad month nanya donk,jika berhubungan intim mendekati shubuh blh? Blm mndi bersih dan melaksanakan sholat subuh,apa hukumnya? Terima kasih.

    1. Abu Hafshah Avatar
      Abu Hafshah

      seseorang shalat harus sudah dalam kondisi suci dari hadast besar dan hadast kecil. kalau menyengaja shalat padahal dirinya masih berhadast maka hal itu berdosa. shalatnya pun tidak sah.

  19.  Avatar
    Anonymous

    Pak ustad apa seorang perempuan yg hbs berhubungan dia waib mndi besar atau tidak…8

  20. akbarnoorfadly@yahoo.com Avatar

    Pak ustad apa seorang perempuan yg hbs berhubungan dia waib mndi besar atau tidak…8

  21. Jumika Avatar
    Jumika

    Pak ustad mw tanya.. Apa hukum ny untuk pengantin baru kalau sudah mandi bersih tapi masih keluar darah setelah hubungan intim..

  22. Ochi Roshe Avatar
    Ochi Roshe

    Penjelasan nya bagus pak ustad…gampang dicerna dan di fahami

  23. Dewi meilani Avatar
    Dewi meilani

    Ya cukup di mengerti penjelasan nya

  24. zahrasayangpapahmamah Avatar
    zahrasayangpapahmamah

    pak saya mau naya sampe jam brapakah untuk mandi junub

  25.  Avatar
    Anonymous

    Pak saya mau tanya apa hukum nya kalau slama menikah tdk pernah mandi junub,karna ga ngerti,

    1. Abu Hafshah Avatar
      Abu Hafshah

      bertaubat. semoga Allah mengampuni segala kekeliruan yang sudah pernah terjadi.

      perbaiki kemudian, belajar mandi junub.

  26. dd Avatar
    dd

    Maaf pa ustad mau tanya saya berhubungan intim sama suami saya.bsok nya mau puasa gpp saya melanjutkan puasa saya bila ga mandi mksh

    1. Abu Hafshah Avatar
      Abu Hafshah

      tetaplah segera mandi, bisa selepas sahur. karena kan harus shalat subuh.
      kalau perkara puasanya batal atau nggak karena belum mandi wajib, puasanya tetap sah.

  27. Ahmad Avatar
    Ahmad

    Saya baru sebulan menikah. Saya berhubungan intim dengan istri saya,memang setiap kali berhubungan intim masih ada rasa sakit sedikit pada istri saya. Setiap selesai berhubungan intim masih saja keluar darah seperti pertama kali berhubungan. Apakah kalau masih keluar darah itu setelah mandi junub boleh sholat?

    1. Abu Hafshah Avatar
      Abu Hafshah

      silakan di amati terlebih dahulu. atau dikonsultasikan, bisa jadi itu darah istihadah pak.

      kalau darah istihadah, prinsip sudah dibersikan, sudah bisa.shalat lagi.

  28. Yuanita Avatar
    Yuanita

    Saya mau nanya.. Kalau mandi wajib itu pasca berhubungan pada malam hari..dan sudah waktunya shalat subuh.. Haruskah mandi wajib itu di basahi kepala pada saat subuh

    1. Abu Hafshah Avatar
      Abu Hafshah

      bisa search di walimah.info, kaidah mandi wajib :).

  29.  Avatar
    Anonymous

    Pak sya mau tAnyA apakah sah atau tidak bila pernikahan sang wanita sedang hamil namun saat menikah siwanita dan pria’a belum mengetahui kehamilan tsb

  30. ds Avatar
    ds

    Pak saya mau tanya,,apakah kalau suami istri berhubungan intim,tetapi suami nya tidak mengeluarkan sperma,,gak perlu mandi junub,,terimakasih

    1. Abu Hafshah Avatar
      Abu Hafshah

      Kalau penis sudah bertemu dengan vagina, walau gak keluar sperma tetap mandi wajib

  31. :-) Avatar
    🙂

    pk ustadz bgaimana kalo wanita habis melahirkn tetapi tidak mndi nifas? bagaimana cara bersuci agar dapat melakukan ibadah?

  32. :-) Avatar
    🙂

    pak ustadz bagaimana hukumnya jika wanita habis melahirkan tetapi tidak mandi nifas ?
    apakah ktika berhubungan itu berdosa ?
    lalu bagaimana cara bersuci agar dpat melakukan ibadah?

    mohon penjelasannya ustadz.
    trmksh

  33. Lala Avatar
    Lala

    Mhn ijin bertanya, apakah wajib setelah melakukan hub suami istri kita hrs mandi keramas dulu sebelum melakukan sholat ataukah cukup dengan berwudhu saja?terimakasih..

  34.  Avatar
    Anonymous

    Sya mo tanya pk klo spsng kekasih mo menikah tp mlm nya hub.intim dan pagi nya mrka mnikah tp slah 1 nya blm mndi wajib apkh prnikahn mrka hram apa hukum dan jln kluar nya trimksh

  35. eko kunto wibowo Avatar
    eko kunto wibowo

    Maaf pak ustad saya mau menanyakan bila saya berhubungan intim pada malam hari trus kita bangun kesiangan dan tida sahur.terus tdr lagi sampai jam 9 pagi apakah masih di perbolehkan puasa tau bagaimana.

    1. Abu Hafshah Avatar
      Abu Hafshah

      boleh. junub tidak ada urusan dengan sah atau tidaknya puasa.

      saya beri nasehat, hendaklah anda berpuasa, juga menjaga amalan lain seperti shalat 5 waktu dengan tepat waktu.

      karena, semuanya sama sama perintah Allah yang wajib anda perhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *