Cara Menghitung Masa Subur Dengan Siklus Haid 28 – 35 Hari

Walimah.Info Ilmu Menghitung Masa Subur Dengan Siklus Haid sangat berguna bagi yang mau memakai KB alami. Ya, biasa disebut juga Pantang Berkala atau lebih dikenal dengan sistem kalender merupakan salah satu cara/metode kontrasepsi sederhana yang dapat dikerjakan sendiri oleh pasangan suami istri untuk merencanakan setiap kehamilan.

Karena siklus menstruasi pada tiap wanita tidak sama. Untuk itu sebelum menggunakan metode kalender ini perlu pengamatan minimal 6 bulan (6 kali siklus menstruasi. Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.

 

1. Rumus Umum (28 – 35 hari) Masa Subur = Hari Terakhir Haid /Menstruasi + 13 hari

Contoh : Jika hari terakhir mens adalah tangal 10 maka tanggal masa subur adalah tanggal 23, masa prasubur awal tanggal 20 dan masa prasubur akhir tanggal 26.

 

2. Rumus siklus haid teratur (28 hari)Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1Masa subur adalah hari ke 12 hingga hari ke 16. 

Contohnya: Anda haid mulai tanggal 9 Januari. Tanggal 9 Januari ini dihitung sebagai hari ke -1. Maka hari ke 12 jatuh pada tanggal 20 januari dan hari ke 16 jatuh pada tanggal 24 Januari. Jadi masa subur yaitu sejak tanggal 20 Januari hingga tanggal 24 Januari.

Cara Menghitung Masa Subur Dengan Siklus Haid Waktu tidak subur wanita setelah haid

Ilustrasi Perhitungan masa Subur

3. RUmus siklus haid tidak teraturHari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh: Jika haid siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari, maka perhitungannya:26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid.

 

APA CIRINYA KALAU SEDANG MASA SUBUR?

1. Perubahan Cairan Serviks

Saat masa subur, cairan yang keluar di leher rahim mengalami perubahan. Jika dalam kondisi normal, cairan itu biasanya lengket dan bertekstur ‘creamy’ (kental). Namun saat masa subur (ovulasi) jumlah cairan akan lebih banyak, dan teksturnya lebih cair dengan warna yang bening.

 

2.Meningkatnya Hasrat Seksual

Saat masa subur hormon wanita bergejolak. Keadaan itu akan berujung pada meningkatnya hasrat seksual. Oleh karena itu, ini juga merupakan saat yang tepat untuk bercinta dengan suami.

 

3. Meningkatnya Temperatur Tubuh

Saat masa subur, wanita akan mengalami kenaikan temperatur tubuh. Hal itu disebabkan oleh munculnya hormon progesterone dalam tubuh saat masa-masa ovulasi.

 

4. ( . Y . ) Lebih Lunak 

Produksi hormon yang cukup tinggi saat masa-masa ovulasi mengakibatkan beberapa perubahan dalam tubuh, termasuk payudara. Umumnya di masa ovulasi, payudara wanita menjadi lebih lunak dan lembut.
Di sisi lain, ilmu ini juga bisa dipakai untuk merumuskan masa tidak subur wanita setelah haid. Ya selamat menghitung dan mencermati kebiasaan. Supaya sukses program KB Alaminya ya.

Leave a Reply

Cara Menghitung Masa Subur Dengan Siklus Haid 28 - 35 Hari