imunisasi wajib untuk bayi

Haruskah Bayi Diimunisasi? 6 Alasan ini Bikin Bunda Tau Jawabannya

Walimah.InfoBunda, haruskah bayi diimunisasi? hari ini masyarakat semakin terdidik dengan internet dan berbagai sarana pembelajaran. Mereka semakin mengenal adanya resiko dalam imunisasi. Ternyata, ada bahaya imunisasi pada bayi yang bukan omong kosong semata.

Oleh karena itu, kami memilih tidak mengimunisasi anak kami. Bukan kami menolak lo, hanya saja, kesehatan adalah bagian dari HAM seseorang.

So, haruskah Bayi Diimunisasi? Ini alasan kami mengapa memilih tidak imunisasi

Berikut ini ada kisah sebuah keluarga yang menolak melakukan imunisasi pada bayinya, apa saja alasannya? Salah satu logika alasannya bikin gak percaya lohh bund, yaitu tentang gamers, Nihh simak kisah selengkapnya.

[gagal paham ttg Vaksin]

Pas nganterin istri periksa ke bidan, sempat mendiskusikan kepada bidan mengenai permohonan dari kami agar ketika nanti begitu bayi lahir, tidak langsung di bombardir dengan suntikan imunisasi.

bahaya imunisasi pada bayi
Haruskah bayi diimunisasi??

Ya, intinya di komunikasikan sejak awal. Karena saya paham, protap bu bidan yakin sudah menyiapkan stidaknya 2 jarum suntik begitu bayi dilahirkan.

Dengar dengar minimal 1 suntikan imunisasi di paha sebelah dengan 1 Vaksin Hemofilia paha bayi satunya dengan vaksin hepatitis.

Yang aku gagal paham, kog sampai hemofilia juga ada vaksinnya. Bukankah hemofilia adalah kelainan pada sistem pembekuan darah dan termasuk penyakit genetik yang diturunkan melalui kromosom X. Apa hubungannya dengan suntikan vaksin?

Haruskah Bayi Diimunisasi ??

Haruskah bayi yang baru lahir itu diimunisasi? Aku baca bahaya imunisasi pada bayi terus aku jadi bingung, dan memutuskan untuk tidak imunisasi pada anakku.

Belum lagi dari habis berkunjung ke seorang teman yang barusan melahirkan, anaknya ditawarkan vaksin diare. Yang mana, vaksin diare itu gratis. Fasilitas tambahan bagi yang vaksin diare, kalau selama pakai vaksin itu ‘ada apa apa’ gratis nanti langsung bisa kontak dokter / tenaga medis yang ditunjuk

Ini aku dalam tataran membagi isi kepalaku aja sih, tidak dalam kampanye no vaksin atau gimana.

Ehm ya, yang blm ngeh juga sampai sejauh ini, seberapa ‘bergantungnya sih kita ini sama vaksinasi vaksinasi semacam itu?’ kog sampai demikian banyak diciptakan beragam vaksin- vaksin yang ada.

Aku mikirnya,

1. Pola pikir yang terbalik

Mengapa pola pikirnya nggak dibalik, alih alih kita diciptakan sebagai manusia berketergantungan dengan ‘kekebalan buatan’ semacam itu, mengapa manusianya tidak diajari melatih dirinya agar memiliki kekebalan tubuh prima?

2. Menjaga kesehatan aja gimana?

Mengapa orentasinya selalu mengutamakan ‘kalau ada penyakit ayo disembuhkan‘ bukan ke arah, pie caranya selalu sehat dan menjaga kesehatan jauh jauh hari sebelum sakit.

3. Belanja penjagaan kesehatan

Mengapa tidak diajari manusia belanja ‘penjagaan kesehatan‘ dari bada belanja ‘pengobatan‘, yang sebenarnya kalau di hitung hitung, belanja ‘penjagaan kesehatan’ jauh lebih murah daripada ‘belanja pengobatan’

4. Fokus ke vaksinnya

Fokus ke vaksinansinya, iya, katakanlah vaksin itu ‘virus yang dilemahkan‘ lalu di gadang gadang diharapkan bisa menjadi ‘tambahan pasukan kekebalan tubuh‘ kalau tubuh membutuhkan bantuan melawan penyakit tertentu.

haruskah bayi diimunisasi
Haruskah bayi diimunisasi??

Pertanyaannya:

Haruskah bayi diimunisasi? Pertanyaan pertanyaan ini muncul saat aku memahami emang imunisasi wajib untuk bayi? Jadwal imunisasi dasar lengkap sudah disesuaikan dengan kondisi bayi?

a. Bagaimana proteksi vaksin?

Sejauh mana sih ‘proteksi‘ yang sudah dibikin sebagai border kepada virus lemah tersebut sehingga suatu hari pas kekebalan tubuh alami kita menurun tidak blunder malah menyerang tubuh? Kiper aja yang dilatih maksimal profesional  menjaga gawang suatu hari bisa blunder.

b. Dimana letak kekebalan tubuh buatan?

Dipikir dari otak gamers saya, kalaulah pasukan tambahan ini dimasukan ke dalam tubuh. realnya dia markasnya dimana? side by side sama kekebalan tubuh asli? atau dia ngendon dimana?

Bagaimana mekasnisme dia dari markas tersebut meluncur menghadapi serangan yang masuk ke tubuh? Sampai sejauh ini blm diketemukan mekanisme yang real dan masuk akal mengenai ini.

c. Gimana vaksin bisa gabung sama imun tubuh?

Sebenarnya ‘pake bahasa apa sih‘ si vaksin ini bisa komunikasi sama kekebalan tubuh asli kita? bayangin, ada dua serdadu masuk ke tubuh kita. satu serdadu asli, satunya serdadu ‘tambahan‘ yang dimasukin.

Kalau keduanya tidak bisa berkomunikasi dengan baik di dalam tubuh, bagaimana bisa bekerja sama? jangan jangan malah perang sendiri.

d. Parameter daruratnya seperti apa?

Katakanlah ini masalah vaksin urusan darurat. Parameter daruratnya ini kadang aneh aja sebab masih banyak alternatif yang bisa ditempuh selain memvaksinkan diri. Utamanya atas vaksin ‘remeh’ macem vaksin diare dan vaksin influensa biasa.

e. Vaksin itu virus yang dilemahkan?

Anehnya lagi, konon, vaksin itu adalah virus yang dilemahkan. harapannya pas nanti ada serangan virus beneran, virus yang dilemahkan ini bisa membantu tubuh memberikan perlawanan. pikiran saya, gimana logikanya, sesuatu yang sudah lemah bisa memberikan perlawanan?

Masih beruntung virus yang lemah ini nggak membelot ikut jadi pasukan tambahan bagi virus itu sendiri. Kan apa jaminannya juga si ‘virus yang dilemahkan itu’ tetap ikut dalam barisan kekebalan tubuh asli kita?

dan aneka pemahaman lain seputar vaksin yang masih bener bener susah dinalar pakai nalar awam seperti saya ini.

f. Bagaimana kehalalan vaksin?

Vaktor keamanan dan kehalalan. Keamanan keterbebasan vaksin dari bahan mineral berbahaya yang digunakan untuk ‘melemahkan virus’, termasuk media pengembangbiakan virus yang sering diragukan kehalalannya. Ini butuh pembahasan tersendiri.

5. Lebih ke penghargaan.

Bahwa kesehatan saya pikir merupakan salah satu bentuk hak asasi. Tolong lah, kami kami yang memilih NO VACCINE dipermudah. Lagian dalam Permenkes NOMOR 290/MENKES/PER/III/2008 http://db.tt/7Bb91xWz jelas jelas dikatakan bahwa setiap tindakan medis butuh persetujuan dari keluarga terdekat.

Sampai sekarang aku masih meragukan imunisasi wajib untuk bayi. Ada yang aneh saja menurutku.

Simpelnya mikir, kembali ke nyatanya aja. Kalaupun sampai ada hal hal yang tidak di inginkan, toh semuanya akan kembali ke keluarga. Tenaga medis mana yang sampai mengurus semua itu detailnya, atau malah seringnya berkilah “ini sudah sesuai protap“. Nah, protap itu yang tidak semua kami ini menyetujuinya.

6. Tentu dengan NO Vaccine

Tetep harus di iringi dengan pola hidup sehat lainnya. Bukan sudah tanpa vaccine malah ngawur dalam pola hidupnya. Tetep ajarkan pada anak makan makanan sehat, kurangi gorengan, jauhi life style buruk, konsum makanan yang mendukung sistem kekebalan tubuh, olahraga yang cukup, dan lain lainnya.

Sekali lagi aku ingin bertanya haruskah bayi diimunisasi?

Ya wes deh, syukurnya Pas pernikahan dulu alhamdulillah dimudahkan tanpa vaksin. Aku dah sharekan di Surat keterangan Tidak Bersedia di Imunisasi  dan Sharing Bisa Bebas Imunisasi Pra Nikah.

Ya, harapannya Status ini juga diharapkan menjadi titik tengah, biar nggak selamanya penggunana facebook cuman disuguhkan debatnya aja. Namun di jabarkan alur pikir masing masing.

Bagi calon bapak, ibu, dan umumnya temen temen lain yang udah baca status ini tentang imunisasi wajib untuk bayi terima kasih. Semoga ada yang bisa diambil ilmunya. Wallahu’alam.

Comments

2 responses to “Haruskah Bayi Diimunisasi? 6 Alasan ini Bikin Bunda Tau Jawabannya”

  1. Widya Avatar
    Widya

    Hai kak,
    Apakah sampai sekarang anak nya tidak di imunisasi? Apakah baik2 saja anak tanpa di imunisasi kak?

    1. Abu Hafshah Avatar

      Alhamdulillah dua anak kami tidak di imunisasi, alhamdulillah Allah karuniakan kesehatan baik baik saja. Teman teman kami juga sama, putra putrinya sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *